Senin, 25 November 2013

Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika merupakan puncak dari perkembangan bioteknologi modern. Dalam pengertian umumnya rekayasa genetika sebuah proses perubahan sifat pada makhluk hidup secara sengaja dengan tujuan untuk membudidayakan sifat-sifat unggul suatu gen serta 

membuang sifat-sifat yang merugikan.

Proses Rekayasa Genetika

Rekayasa Genetika dapat dilakukan dengan memotong rantai DNA yang didalamnya terdapat kode genetik. Dengan memperoleh susunan kode genetik tersebut, seorang peneliti dapat membuang sifat-sifat yang merugikan dan menyimpan sifat-sifat unggulnya. Kode gen yang telah mengalami pengeditan dapat digabungkan dengan gen lain yang juga telah mengalami tahap edit, sehingga dapat menghasilkan sifat penampakan yang baru. Dengan mengembangbiakkangen yang didapat dalam media khusus, maka dapat dilahirkan manusia-manusia baru dengan bentuk yang sama persis dengan sel induknya tanpa memerlukan perkawinan (Cloning).

Human Genome Project

Genom adalh semua informasi yang terdapat pada suatu individu. Didasari keinginan untuk mengetahui kelainan genetika seseorang, maka munculah ide untuk mengetahui seluruh rangkaian genom manusiayang dituangkan dalam ‘Human Genome Project’. Hasil dari penelitian tersebut telah diketahui jika ada sekitar 3 milyar base pair disepanjang kromosom manusia. Sehingga para peneliti sekarang hanya perlu mengetahui urutan dari base pair yang ingin diketahui, selanjutnya komputer yang akan mencarikan dimana letak gen tersebut dalam kromoseom manusia.

Dengan data yang yang diperoleh, manusia mempunyai peta informasi untuk mengeksplorasi fungsi dan potensi tiap gen dalam tubuh manusia. Mulai dari gen yang menentukan bentuk fisik manusia, gen penyebaba kanker, gen yang membentuk ingatan, gen yang menciptakan kecerdasan bahkan gen yang khusus mengatur penuaan. Sehingga memungkinkan dilakukannya rekayasa genetika untuk menciptakan manusia-manusia masa depan yang unggul. Manusia dengan kesehatan sempurna, terbebas dari penyakit dan dapat berumur lebih dari 100 tahun juga memiliki kecerdasan mendekati genius.


Pada dasarnya rekayasa genetika tidak hanya diaplikasikan pada manusia saja, tapi juga pada hewan dan tumbuhan. Rekayasa Genetika dapat menciptakan padi dan gandum jenis baru dengan hasil yang berkali-kali lipat. Juga bisa menciptakan daging sapi yang lebih empuk dan gurih. Bahkan menciptakan tanaman dan hewan konsumsi dengan nilai gizi tinggi.





0 komentar :

Posting Komentar